Pelaksanaan Workshop Revisi KTSP Berjalan dengan Lancar

Guru Hebat, Guru Bermartabat Guru yang Mengacu pada Perangkat merupakan tema yang diangkat kali ini saat pelaksanaan Workshop Revisi KTSP di SMP Negeri 1 Tanjungpinang yang pada kesempatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. H. Edy Sarwito selaku Pengawas SMP dari Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

Kurikulum 2013 telah diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014. Untuk mencapai kesempurnaan kurikulum 2013 pemerintah telah melaksanakan revisi pada setiap tahunnya . SMP Negeri 1 Tanjungpinang  merupakan salah satu sekolah yang pertama kali ditunjuk untuk mengimplementasikan kurikulum 2013.

Seiring dengan berjalannya proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013, masih ada kendala yang dihadapi oleh para tenaga pendidik  . Apalagi  dengan adanya mutasi guru dari sekolah yang belum melaksanakan kurikulum 2013 dan  juga tenaga pendidik  yang baru diangkat menjadi CPNS. Kendala tersebut berupa rendahnya tingkat pemaham tentang silabus, menyusun RPP, menentukan KKM dan juga sistem penilaian hingga penggunaan e-raport.

Berdasarkan Permendikbud No 15 tahun 2018, guru sebagai pendidik harus bisa memenuhi beban kerjanya dan menjadi seorang pendidik yang professional untuk kemajuan pendidikan. Oleh sebab itu, sesuai dengan program kurikulum SMP Negeri 1 , maka diadakan kegiatan “Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tahun Pelajaran 2019/2020”

Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tahun Pelajaran 2019/2020, dilakukan dengan tujuan agar pendidik  dan tenaga pendidik :

  1. Mendapatkan penguatan dan pengertian yang jelas  tentang silabus.
  2. Menganalisis silabus dan buku siswa/buku guru .
  3. Menyusun Prota dan Prosem
  4. Menentukan KKM
  5. Menyempurnakan  KTSP
  6. Membuat RPP
  7. Membuat Rencana Penilaian E-Rapor

Workshop dilaksanakan selama 6 ( enam ) hari di SMP Negeri 1 Tanjungpinang yang dimulai dari hari Sabtu Tanggal 20 Juli 2019 sampai hari Jumat tanggal 26 Juli 2019 yang diikuti oleh Pendidik  sebanyak  36 orang dan tenaga Pendidik sebanyak  8 orang.

Sasaran dari kegiatan worshop penyusunan Perangkat Pembelajaran  ini adalah pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ini seluruh tenaga pendidk sudah dapat menerapkan dalam proses belajar mengajar menggunakan perangkat tersebut.

One Reply to “Pelaksanaan Workshop Revisi KTSP Berjalan dengan Lancar”

  1. Nama saya Entin Hartini,S.Pd, pengajar di SMPN 27 Bandung
    Setelsh membaca paparan IHT yang diadakan fi SMPN I Tanjungpinang saya ingin bertanya
    1. Dalam masa PJJ ini apakah sekolah sudah menerapkan literasi teknologi dalam pembelajaran?
    2. Apakah sudah melaksanakan LMS atau Learning Management System?
    3.Apakah sudah membuat soal AKM mata pelajaran?
    Mohon penjelasannya dan saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.